Bingung Bagaimana Caranya Cari Rumah Bersubsidi?

Bingung Bagaimana Caranya Cari Rumah Bersubsidi?

Rumah Bersudsidi adalah tempat tinggal yang tidak dikenakan pajak dan memiliki bunga rendah yang ditujukan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) agar dapat memiliki tempat tinggal layak huni.

Adapun saat ini, MBR sangat mudah mencari informasi rumah subsidi. Pasalnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyediakan sarana daring untuk keperluan mengecek informasi tentang rumah subsidi, lokasinya, harga, pengembangnya, hingga transaksi pembelian.

Terdapat tiga sarana daring yang disediakan untuk mengakses perumahan bersubsidi.

 

1. Situs SiKumbang “sikumbang.ppdpp.id”

 

Merupakan website resmi untuk pendataan perumahan bersubsidi maupun tidak, beserta informasi lokasi hingga identitas pengembang. Dalam website ini, informasi yang bisa diperoleh melalui situs ini adalah lokasi rumah bersubsidi yang masih tersedia, alamat, nama pengembang dan nomor kontaknya, serta peta digital perumahan.

Adapun bagi para calon pembeli rumah subsidi, pada tahap pertama bisa memilih lokasi rumah yang dituju berdasarkan provinsi, kecamatan dan kabupaten/kota.

SiKumbang akan melampirkan alamat dan kontak kantor pemasaran untuk masing-masing rumah yang diidamkan.

 

2. Situs rumahsubsidi.pu.go.id 

 

merupakan laman resmi milik Kementerian PUPR yang menyediakan informasi mengenai ketersediaan rumah subsidi di seluruh provinsi Indonesia.   Para calon pembeli hanya perlu memasukkan kategori data perumahan subsidi yang hendak dicari, terutama lokasi provinsi dan kabupaten/kota, di kolom yang sudah tersedia

 

3. Aplikasi Sikasep 

 

Aplikasi Sikasep yang terlebih dahulu harus diunduh di playstore. Sikasep menyediakan informasi dan layanan paling lengkap untuk para calon pembeli rumah subsidi.

Di aplikasi ini, calon pembeli tidak hanya bisa mengakses informasi lengkap tentang rumah subsidi yang masih tersedia, tetapi juga fasilitas lain terkait pengajuan pinjaman kredit pemilikan rumah (KPR) subsidi.

Direktur Utama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Arief Sabaruddin mengatakan masyarakat yang tengah mencari rumah subsidi perlu mendaftar terlebih dahulu di Sikasep.

Para calon pembeli juga diimbau untuk mengontak perbankan agar dapat pengajuan rumah subsidi dapat ditindaklanjuti lebih cepat.

 

Temukan lebih banyak pilihan property yang anda cari di www.rwbdg.com dan www.marketingproperti.com