5 tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Saat Puasa dan Pandemi Covid-19

5 tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Saat Puasa dan Pandemi Covid-19

1. Olahraga yang teratur

Dalam situasi seperti ini serta puasa, olahraga tetap harus jalan loh. Tetapi olahraga yang dianjurkan yakni olahraga berintensitas rendah hingga sedang dengan durasi yang pendek. Disarankan, olah raga dilakukan selama 30-45 menit dengan intensitas sedang. Pilihan olahraga cardio, bisa sepeda, jalan cepat, jogging santai, senam zumba, dan sebagainya. Tergantung keterlatihan dan kebiasaan orangnya

 

2. Atur pola makan

Pola makan juga menjadi faktor penting untuk menjaga imunitas tubuh terlebih saat puasa dan pandemi covid-19 ini. Usahakan agar selalu mengkonsumsi sayur dan buah-buahan terutama saat buka puasa agar imun tubuh tidak berkurang esok harinya selama menjalani aktifitas. Selalu minum air putih yang cukup sehabis buka dan puasa, karena tubuh akan kehilangan cairan tubuh selama seharian dan hal tersebut bisa menjadi beresiko terhadap orang yang puasa. Dosis yang dianjurkan yaitu 8 gelas per hari loh.

 

3. Jangan lupa berjemur

Saat situasi seperti ini, imunitas tubuh tetap harus dijaga. Nah salah satunya untuk menjaga imunitas tubuh yaitu dengan berjemur nih. Jangan lupa ya untuk berjemur 10-15 menit saja. Waktu yang baik untuk berjemur yaitu antara jam 10-11 menjelang siang nih, karena pada saat itulah sinar UVB dari matahari muncul dan akan diserap oleh tubuh kita untuk memperoleh vitamin D3 nih. Oh ya, berjemurnya harus senar matahari langsung ya, karena sinar UVB tidak akan menembus permukaan seperti kaca.

 

4. Konsumsi vitamin tambahan bila perlu

Diperbolehkan pula mengkonsumsi suplemen berupa vitamin C dosis 1.000 mg, vitamin E 200 IU atau 400 IU, vitamin D3 dosis 1000-3000 IU, serta vitamin B Complex. Tujuannya agar menambah imunitas tubuh, apalagi saat seperti ini sedang di tengah pandemi virus corona. Tapi yang utama tetap harus makan buah dan sayur yang banyak. Suplemen hanyalah sebagai pilihan tambahan saja ya.

 

5. Tetap #DiRumahAja 

Nah yang terakhir juga ga kalah pentingnya nih. Dengan di rumah saja, kita turut berpartisipasi dalam upaya pemerintah untuk membasmi Covid-19 ini. Peluang ini pun bisa dimanfaatkan untuk lebih mendekatkan diri kepada keluarga nih. Isi hari-harimu dengan kegiatan yang positif ya. Salah satunya juga bisa dengan membaca artikel yang tersedia di web kami nih.