Gubernur Khofifah Dorong Perhiasan dan Furnitur Asal Jatim Masuk Pasar Amerika Serikat

Gubernur Khofifah Dorong Perhiasan dan Furnitur Asal Jatim Masuk Pasar Amerika Serikat

SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menginginkan perhiasan dan furnitur Jawa Timur bisa masuk ke pasar Amerika Serikat.

Hal itu lantang ia sampaikan saat bertemu dengan Wakil Duta Besar RI di Amerika Serikat Iwan Freddy Hari Susanto di Gedung Grahadi, Selasa (14/1/2020).

Dikatakan Khofifah perhiasan asal Jawa Timur memiliki potensi besar dan memiliki kualitas yang tak kalah bersaing.

Bahkan industri perhiasan Jawa Timur termasuk yang terbesar di Indonesia. Sehingga perlu didorong untuk bisa diperluas marketnya ke Amerika Serikat.

"Kebetulan Pak Iwan baru saja rakor dengan para dubes seluruh dunia dan alhamdulillah beliau berkesempatan ke sini. Beliau menyampaikan ada ruang untuk produk asal Jawa Timur untuk bisa dikenalkan di AS," kaya Khofifah.

Kelak akan ada persambunhan yang sistemik diciptakan antara Jawa Timur dengan Amerika Serikat.

Seperti dalam bentuk pertemuan antara trader dengan buyer. Yang akan menjadi ruang strategis untuk mengkenalkan produk unggulan Jawa Timur.

Menurut Khofifah ada banyak produk yang bisa cocok untuk pasarkan ke Amerka Serikat.

Seperti produk industri footware atau alas kaki, tekstil, serta furniture dan perhiasan.

"Furnitur Jawa Timur termasuk yang terbesar di Indonesia. Begitu juga dengan perhiasan. Perhiasan Jawa Timur terbesar di Indonesia. Jadi tinggal bagaimana meluaskan pangsa pasar produk kita ke Amerika," ulas Khofifah.

Menurutnya jika produk Jatim bisa masuk pasar dagang Amerika Serikat, maka akan menjadi pintu baru bagi perluasan produktivitas bagi seluruh produk-produk di Jawa Timur.

Terlebih jika produk Jatim bisa membuktikan kualitasnya di tengah produk lain di pasar Amerika Serikat.

"Saya beraharp kita bisa memaksimalkan koordinasi untuk bisa secara faktual mewujudkan perluasan market di Amerika Serikat," pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Duta Besar RI di Amerika Serikat Iwan Freddy Hari Susanto.

Ia mengatakan bahwa kedatangannya bertemu Khofifah sengaja untuk melakukan penjajakan terhadap peluang kerjasama antara Indonesia dengan Amerika Serikat.

"Jatim memiliki potensi luar biasa untuk dikembangkan khususnya dalam mendongkrak produk ekspor unggulan Jatim ke pasar Amerika Serikat," tutur Iwan.

"Ada beberapa produk unggulan yang kami identifikasi memiliki potensi tinggi dalam waktu dekat, singkat, untuk didongkrak ke pasar amerika. Seperti pakaian jadi, karet, furnitur, elektronik, dan juga perhiasan," lanjutnya.

Produk itu yang nanti coba akan ditingkatkan untuk bisa menembus pasar Amerika Serikat. Selain bidang logistik, yang juga ingin didorong adalah mendongkrak potensi wisata di Jatim.

Rencananya keduataan RI di Amerika Serikat adalah promosi pariwisata di kawasan Bromo Tengger Semeru.

"Tren turis Amerika Serikat ke Indonesia semakin tinggi contohnya sampai Oktober 2019 jumlahnya mencapai 460 ribuan. Meningkat 12,9 persen daripada 2018. Kelebihan dari turis amerika, spending-nya sangat besar. Tourism of stay juga sangat lama," ucapnya.

 https://surabaya.tribunnews.com/2020/01/14/gubernur-khofifah-dorong-perhiasan-dan-furnitur-asaljatim-masuk-pasar-amerika-serikat?page=2.